Analisis Iklan Air Mineral "Aqua" Pada Televisi


Pada dasarnya, iklan adalah suatu pemberitahuan atau pengumuman di media publik yang mempromosikan suatu barang, layanan, acara, merek, perusahaan, atau lowongan kerja. Membahas dan membicarakan tentang iklan baik itu iklan di televisi, koran, majalah, maupun iklan yang bertebaran di sepanjang jalan atau trotoar merupakan topik atau hal yang hangat dan sering diperbicangkan. Menyangkut hal tersebut, iklan yang ditayangkan di media visual maupun cetak itu amatlah beraneka ragam; mulai dari iklan produk barang kebutuhan pokok hingga produk barang bermerk dari perusahaan yang ternama. 

Karena iklan bertujuan atau berfungsi untuk mempromosikan suatu produk tertentu, pastinya iklan menggunakan kalimat, frase, atau jargon yang persuasif atau dengan kata lain, berupaya merayu para khalayak umum agar membeli, mengkonsumsi, atau mempergunakan produk yang diiklankan tersebut. Nah, kalimat, frase, atau jargon yang dipergunakan di dalam iklan itu pastilah yang menarik, mudah diingat, dan mudah dipahami oleh semua kalangan; baik dari kalangan yang berpendidikan rendah sampai kaum intelektual atau cendekiawan. 

Dalam hal ini, iklan yang akan dijadikan objek kajian dan yang akan dianalisis di dalam pembahasan ini adalah iklan tentang produk salah satu air mineral yang sudah terkenal sejak lama, yaitu Aqua yang diproduksi oleh PT. Tirta Investama, Klaten. Alasan mengapa penyusun makalah ini memilih Aqua karena Aqua adalah produk yang sudah lama ada di pasaran dan menjadi pilihan para konsumen, khususnya di Indonesia. Selain itu, alasan lain yang dikemukakan oleh penyusun makalah ini mengapa memilih Aqua karena Aqua adalah produk ai mineral yang sangat terkenal di Indonesia. 

Tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menguraikan pesan(message) apa atau mitos (myth) apa yang secara implisit terkandung atau ingin disampaikan di dalam iklan AQUA tersebut. Secara keseluruhan, makalah ini akan membahas pesan (message) atau mitos (myth) apa yang terkandung secara implisit atau ingin disampaikan di dalam iklan air minum mineral AQUA. 

Dari iklan aqua, secara semiotik bisa dijelaskan melalui 3 (tiga) ranah atau level. Pertama, secara denotatif, adegan tersebut di atas adalah betul tentang adegan pertemuan Cinta (yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) dengan pujaan hatinya yang sudah 14 tahun lamanya tidak bertemu. Tetapi, ternyata tokoh Cinta di dalam adegan tersebut salah menegur atau menyapa kepada seseorang di bandara dengan berucap: “14 tahun saya nunggu kamu!” yang dalam hal ini dikiranya orang tersebut adalah pujaan hatinya dan untuk menutupi rasa malunya tersebut, akhirnya Cinta memutuskan untuk bertanya: “Ada AQUA?” Kemudian, adegan iklan AQUA di atas tersebut juga bisa memberikan kesan (image) secara konotatif (connotative level) pada khalayak bahwa adegan tesebut di atas bisa diasosiasikan dengan pesan (message) dan kesan (image) bahwasanya Dian Sastrowardoyo yang berperan sebagai tokoh Cinta saja pun bisa kehilangan fokus dalam mengenali Rangga, pujaan hatinya di bandara akibat dehidrasi ringan dan tidak membawa air minum mineral AQUA. Nah, berikutnya yang dapat dikaji dari adegan iklan Aqua adalah melalui segi “mitos” (myth). Menyangkut hal ini, pesan (message) yang secara implicit ingin disampaikan adalah bahwasanya air minum AQUA ini sudah menjadi mitos atau merk air minum yang dikenal secara luas di masyarakat dan bahkan artis sekelas Dian Sastro pun mengkonsumsi AQUA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi Berjudul "Serenada Hijau" Karya W.S Rendra

Analisis Puisi Karya W.S Rendra yang Berjudul "Orang-Orang Miskin"